Manfaat Habbatussauda


Habbatussauda telah digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 SM dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 – 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi. Ibnu Sina Ibnu Sina (980-1037 M) adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan telah meneliti berbagai manfaat habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernafasan.

Habbatussauda atau jintan hitam (Nigella sativa Linn.) adalah rempah-rempah yang berbentuk butiran biji berwarna hitam yang dapat digunakan sebagai tanaman obat [1] dan  telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Habbatussauda digunakan sebagia herbal juga dianjurkan dalam agama Islam dan Nabi Muhammad SAW bersabda, “Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut” . Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari (10:118-119); Muslim (7:25); Ibnu Majah  (2:342); Termidzi (2:3 pada edisi BulaQ) ; dan Ahmad (2:241) meneruskan riwayat Sufyan bin ‘Uyainah dari Al-Zuhri dan Abu Salamah. Bahkan dalam Alkitab terbitan Easton’s, di dalam Perjanjian Lama pada Kitab Yesaya (28:25,27, NKJV), disebut kata ‘ketsah’ yang maksudnya adalah black cummin (nama Inggris untuk habbatussauda).

Seiring dengan perkembangan teknologi, tanpa disadari perkembangan terapi modern tidak mutlak mampu meyembuhkan beberapa penyakit, bahkan obat-obatan yang sekarang beredar sebagian ada yang menyimpan efek samping yang membahayakan tubuh manusia.

Mengkonsumsi habbaatussauda’ sebagai obat yang dianjurkan Rasulullah SAW tidak begitu dikenal oleh muslimin di Indonesia, tetapi habbatussauda di berbagai negara Eropa, Amerika dan sejumlah negara Asia sudah populer dan telah baynyakk dilakukan riset ilmiah untuk mengungkap kebenaran hadits tersebut, seperti oleh Profesor El Dakhany (Microbiologi Research Center, Arabia), dan Dr Michael Tierra L.A.C.O MD, (Pharmachology Research Department Laboratory, Departement Pharmachy King College London dll).

Adapun manfaat dari habbatussauda adalah sebagai berikut : 

1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Jintan hitam (habbatussauda) dapat meningkatkan jumlah se-sel T, yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Menurut Profesor G Reimuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian Habbatussauda dapat dijadikan untuk  penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS.

2. Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan

Habbatusssauda memiliki kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linoleat (omega 3),  merupakan nutrisi bagi sel otak berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, serta cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

3. Meningkatkan bioaktifitas

Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormon.

4. Menetralkan racun dalam tubuh

Habbatussauda’ mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh, racun dapat menganggu metabolisma dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi.

5. Mengatasi gangguan tidur dan stress

Saponin yang terdapat didalam habbatussauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stress.

6. Anti Histamin

Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dari habbatussauda dapat mengisolasi ditymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial. Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD tahun 1993 membuktikan kristal dari niggelone memberikan efek suppressive. Kristal-kristal ini dapat menghambat protemkinase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin. enelitian lain membuktikan hal serupa.

7. Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri

Habbatussauda mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Jurnal Farmasi Pakistan (1992) memuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampun membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetracillin.

 8. Melancarkan ASI (Air Susu Ibu)

Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan ASI. Penelitian ini kemudian di publikasikan dalam literature penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989.

o. Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan Balita

Pada masa pertumbuhan anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Kandungan Omega 3, 6, 9 yang terdapat dalam habbatussauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

10. Anti Tumor

Minyak habbatussauda diperkenalkan ilmuwan kanker Immonobiologi Laboratory dari California Selatan, habbatussauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi

11. Nutrisi bagi manusia

Habbatussauda kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat ideal untuk lansia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun.

Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : Wikipedia dan sumber lain

Tag:

Satu Tanggapan to “Manfaat Habbatussauda”

  1. ma'e Says:

    maju terusss…smangat..smangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: